Tab

Rabu, 12 Desember 2012

Karakteristik Ayam

Ayam
Ternak unggas secara tradisional mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Di satu sisi ternak unggas memiliki arti sebagai sumber pendapatan dan di lain sisi sebagai sumber bahan pangan bermutu tinggi untuk masyarakat. Sebagai sumber pendapatan, ternak unggas dipelihara oleh hampir 21 juta Rumah Tangga Indonesia dan sebagai sumber protein hewani kontribusi unggas untuk penyediaan daging nasional lebih dari 60 %. Salah satu unggas yang paling banyak dipelihara di Indonesia adalah ayam. Ayam adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Ayam merupakan salah satu contoh spesies yang termasuk ke dalam ordo galliformes. Ayam mempunyai manfaat yang bermacam-macam antara lain yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Ayam potong adalah jenis ayam yang paling banyak di konsumsi. Konsumsi perkapita daging ayam di Indonesia berkisar 6 kg per tahun. Dalam dunia animalia, ayam mempunyai klasifikasi sebagai berikut :

 Kingdom : Animalia
 Filum : Chordata
 Sub Filum : Vertebrata
 Super Kelas : Gnathosmata
 Kelas : Aves
 Ordo : Galliformes
 Famili : Phasianidae
 Genus : Gallus
 Spesies : Gallus gallus

Ayam ras pedaging disebut juga broiler. Broiler adalah istilah untuk menyebutkan strain ayam hasil budidaya teknologi yang memiliki karakteristik ekonomis dengan ciri khas yaitu pertumbuhan yang cepat, konversi pakan yang baik dan dapat dipotong pada usia yang relatif muda sehingga sirkulasi pemeliharaannya lebih cepat dan efisien serta menghasilkan daging yang berkualitas baik (Murtidjo, 1992). Hardjoswaro dan Rukminasih (2000) menyatakan bahwa ayam broiler dapat digolongkan kedalam kelompok unggas penghasil daging artinya dipelihara khusus untuk menghasilkan daging. Umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut: kerangka tubuh besar, pertumbuhan badan cepat, pertumbuhan bulu yang cepat, lebih efisien dalam mengubah ransum menjadi daging. Ayam boiler memiliki masa panen yang relative singkat yaitu sekitar 5-6 minggu. Ayam broiler dapat cepat besar karena telah melalui seleksi genetik (pemilihan bibit unggul) secara intensif selama berpuluh-puluh tahun dan selama masa pemeliharaan diberi pakan yang bermutu tinggi sehingga pertumbuhan nya sangat cepat. Seperti sumber protein hewani lain, ayam memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Zat-zat tersebut antara lain adalah :
 Protein
Ayam merupakan sumber protein hewani. Ayam merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Ayam mengandung 22% protein
 Mineral
Daging ayam kaya akan mineral. Mineral-mineral tersebut antara lain 13 miligram zat kalzium, 190 miligram zat fosfor dan 1,5 miligram zat besi.
 Vitamin
Daging ayam mengandung vitamin A yang kaya, terlebih ayam kecil. Selain itu, daging ayam juga mengandung vitamin C dan E.
 Lemak
Daging ayam selain rendah kadar lemaknya, lemaknya juga termasuk asam lemak tidak jenuh, ini merupakan makanan protein yang paling ideal bagi anak kecil, orang setengah baya dan orang lanjut usia, penderita penyakit pembuluh darah jantung dan orang yang lemah pasca sakit.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar